Macam-macam Makanan Manis Khas Sunda

Wisata kuliner saat ini sangat banyak sekali diminati oleh berbagai macam kalangan, bahkan saat ini banyak sekali Vlogger yang membuat konten vlog mereka dengan wisata kuliner. Didalam makanan tentunya banyak sekali rasanya dimana salah satunya adalah makanan yang mempunyai rasa manis.

Untuk makanan manis ini terdapat beberapa makanan manis yang berada menjadi ciri khas makanan Sunda. Makanan ini sudah ada sejak jaman dulu dan selalu dibikin oleh sendiri. Namun, saat ini sudah banyak sekali yang menjual makanan manis Khas Sunda tersebut.

Ingin tahu makanan apa aja itu, berikut dibawah ini makanan manis Khas Sunda:


  • Gemblong


Nah, gemblong ini merupakan salah satu makanan khas Sunda yang berasal dari Daerah Jawa Barat. makanan manis ini terbuat dari tepung beras putih yang dilumuri dengan gula aren yang menjadikan manis yang sangat enak.


  • Awug


Makanan ini juga terbuat dari tepung beras, gula merah, dan kelapa parut yang menjadikan rasa manis yang gurih dari makanan khas Sunda yang satu ini. Pada jaman dulu makanan ini hanya dihidangkan apabila terdapat acara seperti hajatan khitanan.

Dimana bentuk dari makanan ini seperti gunung yang ditaburi dengan parutan kelapa dan setiap tingkatnya terdapat gula dan tepung beras yang saling bertumpukan seperti di gambar.


  • Kue Cincin


Selanjutnya ada kue cincin, mungkin namanya masih asing di telinga anda. Karena makanan ini sudah sangat jarang sekali di jual saat ini meskipun ada beberapa orang yang menjualnya. Kue cincin ini berbentuk bulat dan ada bolong ditengahnya sama seperti kue donat yang sekarang banyak dijual.

Kue cincin ini sangat manis meskipun tidak ada toping di atasnya seperti kue donat yang mirip dengan kue cicin saat ini. Kue ini pun biasa disebut dengan ali agrem oleh masyarakat Sunda. Makanan ini dibuat dari tepung beras dan beberapa campuran lainnya seperti tepung ketan, gula merah, gula pasir dll.

Mungkin setelah membaca artikel ini anda bisa mencoba merasakan manisnya beberapa makanan di atas yang menjadi makanan manis Khas Sunda tersebut.

Sekian informasi kami tentang makanan manis khas Sunda tersebut, jangan lupa untuk membaca artikel kami yang tidak kalah menarik lainnya, terima kasih.


Popular Posts